PETUNJUK PENGGUNAAN BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Tata Graha. Tampilan blog menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP BLOG. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada disebelah kiri nama tahun dan bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Kamis, 01 Januari 2015

AREA UMUM

Area umum di hotel adalah ruang yang berada dalam kawasan hotel yang diperuntukkan bagi tamu atau para pengunjung hotel dalam melakukan aktivitas selama berada di hotel dan bagi para karyawan hotel dalam melaksanakan aktivitas pelayanan di hotel.

A.  Klasifikasi Area Umum di Hotel

Kelompok Area Umum
Nama Area Umum
Area bagian dalam hotel
(Internal area)
Ø Ruang masuk
§  Pintu masuk utama (main entrence)
§  Ruang masuk (entrence area)
§  Kantor depan (front office)
Ø Ruang untuk duduk (lobby)
Ø Koridor (corridor)
Ø Lift (elevator)
Ø Tangga (stairs)
Ø Kantor pimpinan (management office)
Ø Ruang karyawan (staff room)
Ø Area pertemuan (meeting area)
Ø Ruang untuk pesta (convention hall)
Ø Ruang rapat (meeting room)
Ø Kantor untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
Ø Ruang santai (lounge)
Area bagian luar hotel
(External area)
Ø Kolam renang (swimming pool)
Ø Pusat kebugaran (fitness center)
Ø Ruang ganti (changing room)
Ø Tempat bermain anak-anak (children’s playground)
Ø Parkir (Parking area)
Area tambahan
Ø Ruang istirahat karyawan
Ø Tempat berjualan


Gambar Area Umum Hotel

A.  Area Bagian Dalam Hotel (Internal Area)

Gambar 1.1
Pintu masuk utama (Main Entrance)


Gambar 1.2
Ruang Masuk (Entrance Space)


Gambar 1.3
Kantor Depan (Front Office)


Gambar 1.4
Ruang untuk duduk (Lobby)


Gambar 1.5
Koridor (Corridor)


Gambar 1.6
Lift/Elevator


Gambar 1.7
Tangga (Stairs)


Gambar 1.8
Kantor Pimpinan (Management Office)


Gambar 1.9
Ruang Karyawan (Staff Room)


Gambar 1.10
Area Pertemuan (Meeting Area)


Gambar 1.11
Ruang Pesta (Convention Hall)


Gambar 1.12
Ruang Rapat (Meeting Room)


Gambar 1.13
Kantor Aktivitas Bisnis (Bussiness Office)


Gambar 1.14
Ruang Santai (Lounge)


B. Area Bagian Luar Hotel (External Area)

Gambar 2.1
Kolam Renang (Swimming Pool)


Gambar 2.2
Pusat Kebugaran (Fitness Center)


Gambar 2.3
Ruang Ganti (Changing Room)


Gambar 2.4
Tempat Bermain Anak-Anak (Children’s Playground)


Gambar 2.5
Parkir (Parking Area)


C. Area Tambahan

Gambar 3.1
Ruang Istirahat Karyawan


Gambar 3.2
Tempat Berjualan


DISKUSI KELOMPOK

Siswa membentuk 4 kelompok belajar, dan setiap kelompok menunjuk seorang ketua dan seorang sekretaris. Ketua yang ditunjuk adalah siswa yang dirasakan mumpuni dalam memimpin kelompok, sedangkan sekretaris adalah siswa yang memiliki kemampuan lebih baik dalam tulis menulis. Diskusi yang dilakukan adalah masing-masing ketua kelompok membagi tugas diskusi yang diinstruksikan oleh guru, lalu setiap anggota mengerjakan tugas yang telah dibagi oleh ketua kelompok. Setelah tugas individu selesai dikerjakan, maka dibahas kembali bersama anggota lainnya yang dipimpin oleh ketua kelompok. Selama melaksanakan pembahasan diharapkan adanya perbaikan-perbaikan apabila jawaban atau pendapat yang disampaikan oleh individu dirasakan salah, belum pas atau kurang sempurna. Setelah pembahasan individu telah disempurnakan oleh kelompok maka sekretris harus menyalin dalam lembaran kertas sebagai laporan hasil diskusi. Setelah masing-masing kelompok selesai membahas tugas diskusinya maka dibahas bersama melalui panduan dan bimbingan guru.

Tugas diskusi :
Berikanlah definisi yang terdeskripsi sesuai dengan pengamatan anda mengenai :
1.   Area umum hotel
2.   Area bagian dalam hotel (Internal area)
3.   Area bagian luar hotel (External area)
4.   Pintu masuk utama (main entrence)
5.   Ruang masuk (entrence space)
6.   Kantor depan (front office)
7.   Ruang untuk duduk (lobby)
8.   Koridor (corridor)
9.   Lift (elevator)
10.   Tangga (stairs)
11.   Kantor pimpinan (management office)
12.   Ruang karyawan (staff room)
13.   Area pertemuan (meeting area)
14.   Ruang untuk pesta (convention hall)
15.   Ruang rapat (meeting room)
16.   Kantor untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
17.   Ruang santai (lounge)
18.   Kolam renang (swimming pool)
19.   Pusat kebugaran (fitness center)
20.   Ruang ganti (changing room)
21.   Tempat bermain anak-anak (children’s playground)
22.   Parkir (Parking area)
23.   Ruang istirahat karyawan
24.   Tempat berjualan

POST TEST

A.  Pengetahuan
1.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai area umum hotel (public area)!
2.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai area bagian dalam hotel (internal area)!
3.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai area bagian luar hotel (external area)!
4.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai ruang masuk (entrence space)!
5.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai ruang untuk duduk (lobby)!
6.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai koridor (corridor)!
7.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi lift (elevator)!
8.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai area pertemuan (meeting area)!
9.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai ruang santai (lounge)!
10.   Tuliskan secara terdeskripsi definisi mengenai kolam renang (swimming pool)!

B.  Keterampilan
Contoh area umum dan bukan area umum hotel adalah sebagai berikut :
a.   Pintu masuk utama (main entrence)
b.   Ruang masuk (entrence space)
c.   Kantor depan (front office)
d.   Ruang untuk duduk (lobby)
e.   Koridor (corridor)
f.    Kamar tamu (guest room)
g.   Ruang linen (linen room)
h.   Laundry
i.    Kitchen
j.    Lift (elevator)
k.   Tangga (stairs)
l.    Kantor pimpinan (management office)
m. Ruang karyawan (staff room)
n.   Area pertemuan (meeting area)
o.   Ruang untuk pesta (convention hall)
p.   Ruang rapat (meeting room)
q.   Kantor untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
r.    Ruang santai (lounge)
s.   Kolam renang (swimming pool)
t.    Pusat kebugaran (fitness center)
u.   Ruang ganti (changing room)
v.   Tempat bermain anak-anak (children’s playground)
w.  Parkir (Parking area)
x.   Ruang istirahat karyawan
y.   Tempat berjualan

Pertanyaan :
1.   Identifikasikanlah area bagian dalam hotel (Internal area) dari area umum di atas!
2.   Identifikasikanlah area bagian luar hotel (External area) dari area umum di atas!
3.   Identifikasikanlah area tambahan dari area umum di atas!
4.   Identifikasikanlah area yang bukan menjadi area umum hotel!

C.  Sikap

Nilai sikap diambil dari pengamatan guru terhadap sikap spiritual dan sikap sosial siswa yang meliputi : mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, memiliki motivasi internal, menunjukkan prilaku ilmiah, menghargai kerja individu dan kelompok, selama mengikuti pembelajaran “area umum.”  
Siswa dinyatakan bersikap baik apabila rata-rata skor pernyataan sikap meraih nilai 2,67, Predikat : B-, Kriteria : Baik diukur dengan parameter berupa lembar observasi penilaian sikap.
Lembar observasi penilaian sikap tersebut adalah sebagai berikut :

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SISWA

Mata Pelajaran         : Tata Graha
Materi pokok           : Area umum
Kelas/semester        : XI AP....  / III
KKM                        : 2,67, Predikat : B-, Kriteria : Baik

NO.
NAMA SISWA
SIKAP SPIRITUAL
SIKAP SOSIAL
Jumlah skor
Nilai Sikap (Rata-rata skor)
Mensyukuri karunia Tuhan YME
Memiliki motivasi internal
Menunjukkan perilaku ilmiah
Menghargai kerja individu dan kelompok
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1



















2



















3



















4



















5



















6



















7



















8



















9



















10



















11
dan seterusnya



















KETERANGAN :
A.   Makna dari pernyataan sikap :
a. Mensyukuri karunia Tuhan YME adalah berdo’a sebelum/sesudah belajar, melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianut.
b. Memiliki motivasi internal adalah proaktif dalam melakukan pembelajaran.
c.  Menunjukkan perilaku ilmiah adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong dalam melakukan pembelajaran.
d. Menghargai kerja individu dan kelompok adalah bersikap menghargai pendapat/hasil kerja orang lain maupun pendapat/hasil kerja yang telah diputuskan oleh kelompok dalam melakukan pembelajaran.
B.  Kategori nilai yang diberikan yakni :
a. Skor 4 diberikan apabila siswa  selalu melakukan sesuai pernyataan sikap.
b. Skor 3 diberikan apabila siswa sering melakukan dan kadang-kadang tidak melakukan sesuai pernyataan sikap.
c.  Skor 2 diberikan apabila siswa kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan sesuai pernyataan sikap.
d. Skor 1 diberikan apabila siswa tidak pernah melakukan sesuai pernyataan sikap.

Pangkalpinang, ........................................

Guru Mata Pelajaran,



....................................................


NILAI KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Nilai Kuantitatif dengan skala 1 – 4 (berlalku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4), Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan kegiatan Ekstra Kurikuler dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang).

PREDIKAT
NILAI KOMPETENSI
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
SIKAP
A
4,00
4,00
SB (Sangat Baik)
A-
3,67
3,66
B+
3,33
3,33
B (Baik)
B
3,00
3,00
B-
2,67
2,66
C+
2,33
2,33
C (Cukup)
C
2,00
2,00
C-
1,67
1,66
D
1,33
1,33
K (Kurang)
D-
1,00
1,00
(Sumber SK Dirjen Dikmen No. 781 Tentang LCK SMK)


PERHITUNGAN KONVERSI NILAI

INTERVAL SKOR
HASIL KONVERSI
PREDIKAT
KRITERIA
96 - 100
4,00
A
SB (Sangat Baik)
91 - 95
3,67
A-
86 - 90
3,33
B+
B (Baik)
81 - 85
3,00
B
75 - 80
2,67
B-
70 - 74
2,33
C+
C (Cukup)
65 - 69
2,00
C
60 - 64
1,67
C-
55 - 59
1,33
D
K (Kurang)
≤ 54
1,00
D-

Kolom Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dalam kolom mata pelajaran diisi dengan menggunakan nilai kualifikasi: Sangat Baik (SB), Baik (B)), Cukup (C), dan Kurang (K).
(Sumber SK Dirjen Dikmen No. 781 Tentang LCK SMK)

Pangkalpinang,    Juli 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Mata Pelajaran,



Sukinda, S.Ag. M.M.                                                                             Irwansyah, S.E.
NIP. 197105251998021001                                                       NIP. 196906252005011003