Area
umum di hotel adalah ruang yang berada dalam kawasan hotel yang diperuntukkan
bagi tamu atau para pengunjung hotel dalam melakukan aktivitas selama berada di
hotel dan bagi para karyawan hotel dalam melaksanakan aktivitas pelayanan di hotel.
A. Klasifikasi Area Umum di Hotel
Kelompok
Area Umum
|
Nama
Area Umum
|
Area bagian dalam hotel
(Internal area)
|
Ø Ruang masuk
§ Pintu masuk utama (main entrence)
§ Ruang masuk (entrence area)
§ Kantor depan (front office)
Ø Ruang untuk duduk (lobby)
Ø Koridor (corridor)
Ø Lift (elevator)
Ø Tangga (stairs)
Ø Kantor pimpinan (management office)
Ø Ruang karyawan (staff room)
Ø Area pertemuan (meeting area)
Ø Ruang untuk pesta (convention hall)
Ø Ruang rapat (meeting room)
Ø
Kantor
untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
Ø Ruang santai (lounge)
|
Area bagian luar hotel
(External area)
|
Ø Kolam renang (swimming pool)
Ø Pusat kebugaran (fitness center)
Ø Ruang ganti (changing room)
Ø Tempat bermain anak-anak (children’s
playground)
Ø Parkir (Parking area)
|
Area tambahan
|
Ø Ruang istirahat karyawan
Ø Tempat berjualan
|
Gambar Area Umum Hotel
Gambar 1.1
Pintu masuk
utama (Main Entrance)
Gambar 1.2
Ruang Masuk
(Entrance Space)
Gambar 1.3
Kantor Depan (Front Office)
Gambar 1.4
Ruang untuk
duduk (Lobby)
Gambar 1.5
Koridor (Corridor)
Gambar 1.6
Lift/Elevator
Gambar 1.7
Tangga (Stairs)
Gambar 1.8
Kantor Pimpinan (Management Office)
Gambar 1.9
Ruang Karyawan
(Staff Room)
Gambar 1.10
Area Pertemuan
(Meeting Area)
Gambar 1.11
Ruang Pesta
(Convention Hall)
Gambar 1.12
Ruang Rapat
(Meeting Room)
Gambar 1.13
Kantor Aktivitas
Bisnis (Bussiness Office)
Gambar 1.14
Ruang Santai
(Lounge)
B. Area Bagian Luar
Hotel (External Area)
Gambar 2.1
Kolam Renang (Swimming
Pool)
Gambar 2.2
Pusat Kebugaran
(Fitness Center)
Gambar 2.3
Ruang Ganti
(Changing Room)
Gambar 2.4
Tempat Bermain
Anak-Anak (Children’s Playground)
Gambar 2.5
Parkir (Parking
Area)
C. Area Tambahan
Gambar 3.1
Ruang Istirahat
Karyawan
Gambar 3.2
Tempat Berjualan
DISKUSI
KELOMPOK
Siswa
membentuk 4 kelompok belajar, dan setiap kelompok menunjuk seorang ketua dan
seorang sekretaris. Ketua yang ditunjuk adalah siswa yang dirasakan mumpuni
dalam memimpin kelompok, sedangkan sekretaris adalah siswa yang memiliki
kemampuan lebih baik dalam tulis menulis. Diskusi yang dilakukan adalah
masing-masing ketua kelompok membagi tugas diskusi yang diinstruksikan oleh
guru, lalu setiap anggota mengerjakan tugas yang telah dibagi oleh ketua
kelompok. Setelah tugas individu selesai dikerjakan, maka dibahas kembali
bersama anggota lainnya yang dipimpin oleh ketua kelompok. Selama melaksanakan
pembahasan diharapkan adanya perbaikan-perbaikan apabila jawaban atau pendapat
yang disampaikan oleh individu dirasakan salah, belum pas atau kurang sempurna.
Setelah pembahasan individu telah disempurnakan oleh kelompok maka sekretris
harus menyalin dalam lembaran kertas sebagai laporan hasil diskusi. Setelah masing-masing
kelompok selesai membahas tugas diskusinya maka dibahas bersama melalui panduan
dan bimbingan guru.
Tugas diskusi :
Berikanlah
definisi yang terdeskripsi sesuai dengan pengamatan anda mengenai :
1.
Area
umum hotel
2.
Area
bagian dalam hotel (Internal area)
3.
Area
bagian luar hotel (External area)
4.
Pintu
masuk utama (main entrence)
5.
Ruang
masuk (entrence space)
6.
Kantor
depan (front office)
7.
Ruang
untuk duduk (lobby)
8.
Koridor
(corridor)
9.
Lift
(elevator)
10.
Tangga
(stairs)
11.
Kantor
pimpinan (management office)
12.
Ruang
karyawan (staff room)
13.
Area
pertemuan (meeting area)
14.
Ruang
untuk pesta (convention hall)
15.
Ruang
rapat (meeting room)
16.
Kantor
untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
17.
Ruang
santai (lounge)
18.
Kolam
renang (swimming pool)
19.
Pusat
kebugaran (fitness center)
20.
Ruang
ganti (changing room)
21.
Tempat
bermain anak-anak (children’s playground)
22.
Parkir
(Parking area)
23.
Ruang
istirahat karyawan
24.
Tempat
berjualan
POST TEST
A. Pengetahuan
1.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai area umum hotel (public area)!
2.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai area bagian dalam hotel (internal area)!
3.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai area bagian luar hotel (external area)!
4.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai ruang masuk (entrence space)!
5.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai ruang untuk duduk (lobby)!
6.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai koridor (corridor)!
7.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi lift (elevator)!
8.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai area pertemuan (meeting area)!
9.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai ruang santai (lounge)!
10.
Tuliskan
secara terdeskripsi definisi mengenai kolam renang (swimming pool)!
B. Keterampilan
Contoh
area umum dan bukan area umum hotel adalah sebagai berikut :
a.
Pintu
masuk utama (main entrence)
b.
Ruang
masuk (entrence space)
c.
Kantor
depan (front office)
d.
Ruang
untuk duduk (lobby)
e.
Koridor
(corridor)
f.
Kamar
tamu (guest room)
g.
Ruang
linen (linen room)
h.
Laundry
i.
Kitchen
j.
Lift
(elevator)
k.
Tangga
(stairs)
l.
Kantor
pimpinan (management office)
m. Ruang karyawan (staff room)
n.
Area
pertemuan (meeting area)
o.
Ruang
untuk pesta (convention hall)
p.
Ruang
rapat (meeting room)
q.
Kantor
untuk aktivitas bisnis (bussiness office)
r.
Ruang
santai (lounge)
s.
Kolam
renang (swimming pool)
t.
Pusat
kebugaran (fitness center)
u.
Ruang
ganti (changing room)
v.
Tempat
bermain anak-anak (children’s playground)
w. Parkir (Parking area)
x.
Ruang
istirahat karyawan
y.
Tempat
berjualan
Pertanyaan :
1.
Identifikasikanlah
area bagian dalam hotel (Internal area) dari area umum di atas!
2.
Identifikasikanlah
area bagian luar hotel (External area) dari area umum di atas!
3.
Identifikasikanlah
area tambahan dari area umum di atas!
4.
Identifikasikanlah
area yang bukan menjadi area umum hotel!
C. Sikap
Nilai sikap diambil dari pengamatan
guru terhadap sikap spiritual dan sikap sosial siswa yang meliputi : mensyukuri
karunia Tuhan Yang Maha Esa, memiliki motivasi internal, menunjukkan prilaku
ilmiah, menghargai kerja individu dan kelompok, selama mengikuti pembelajaran “area
umum.”
Siswa
dinyatakan bersikap baik apabila rata-rata skor pernyataan sikap meraih nilai 2,67,
Predikat : B-, Kriteria : Baik diukur dengan parameter berupa lembar observasi
penilaian sikap.
Lembar
observasi penilaian sikap tersebut adalah sebagai berikut :
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SISWA
Mata Pelajaran : Tata Graha
Materi pokok : Area umum
Kelas/semester : XI AP.... / III
KKM :
2,67, Predikat : B-, Kriteria : Baik
NO.
|
NAMA SISWA
|
SIKAP SPIRITUAL
|
SIKAP SOSIAL
|
Jumlah skor
|
Nilai Sikap
(Rata-rata skor)
|
||||||||||||||
Mensyukuri
karunia Tuhan YME
|
Memiliki
motivasi internal
|
Menunjukkan perilaku
ilmiah
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||||
11
|
dan
seterusnya
|
||||||||||||||||||
KETERANGAN :
A. Makna dari pernyataan sikap :
a.
Mensyukuri
karunia Tuhan YME adalah berdo’a sebelum/sesudah belajar, melaksanakan ibadah sesuai
dengan agama yang dianut.
b.
Memiliki
motivasi internal adalah proaktif dalam melakukan pembelajaran.
c.
Menunjukkan
perilaku ilmiah adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong dalam melakukan pembelajaran.
d.
Menghargai
kerja individu dan kelompok adalah bersikap menghargai pendapat/hasil kerja
orang lain maupun pendapat/hasil kerja yang telah diputuskan oleh kelompok
dalam melakukan pembelajaran.
B. Kategori nilai yang
diberikan yakni :
a.
Skor
4 diberikan apabila siswa selalu
melakukan sesuai pernyataan sikap.
b.
Skor
3 diberikan apabila siswa sering melakukan dan kadang-kadang tidak melakukan
sesuai pernyataan sikap.
c.
Skor
2 diberikan apabila siswa kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan sesuai pernyataan sikap.
d.
Skor
1 diberikan apabila siswa tidak pernah melakukan sesuai pernyataan sikap.
Pangkalpinang,
........................................
Guru Mata Pelajaran,
....................................................
NILAI KUANTITATIF DAN KUALITATIF
Nilai Kuantitatif dengan skala
1 – 4 (berlalku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan
Nilai Keterampilan (KI 4), Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai
Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan kegiatan Ekstra Kurikuler
dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang).
PREDIKAT
|
NILAI
KOMPETENSI
|
||
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
SIKAP
|
|
A
|
4,00
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
A-
|
3,67
|
3,66
|
|
B+
|
3,33
|
3,33
|
B (Baik)
|
B
|
3,00
|
3,00
|
|
B-
|
2,67
|
2,66
|
|
C+
|
2,33
|
2,33
|
C
(Cukup)
|
C
|
2,00
|
2,00
|
|
C-
|
1,67
|
1,66
|
|
D
|
1,33
|
1,33
|
K
(Kurang)
|
D-
|
1,00
|
1,00
|
|
(Sumber
SK Dirjen Dikmen No. 781 Tentang LCK SMK)
PERHITUNGAN KONVERSI NILAI
INTERVAL
SKOR
|
HASIL
KONVERSI
|
PREDIKAT
|
KRITERIA
|
96 - 100
|
4,00
|
A
|
SB
(Sangat Baik)
|
91 - 95
|
3,67
|
A-
|
|
86 - 90
|
3,33
|
B+
|
B (Baik)
|
81 - 85
|
3,00
|
B
|
|
75 - 80
|
2,67
|
B-
|
|
70 - 74
|
2,33
|
C+
|
C
(Cukup)
|
65 - 69
|
2,00
|
C
|
|
60 - 64
|
1,67
|
C-
|
|
55 - 59
|
1,33
|
D
|
K
(Kurang)
|
≤ 54
|
1,00
|
D-
|
Kolom Sikap Spiritual (KI 1),
Sikap Sosial (KI 2), dalam kolom mata pelajaran diisi dengan menggunakan nilai
kualifikasi: Sangat Baik (SB), Baik (B)), Cukup (C), dan Kurang (K).
(Sumber
SK Dirjen Dikmen No. 781 Tentang LCK SMK)
Pangkalpinang, Juli 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Guru Mata Pelajaran,
Sukinda, S.Ag. M.M.
Irwansyah,
S.E.
NIP. 197105251998021001 NIP. 196906252005011003



















